Visi dan Misi STIPAS KAK

VISI

“Pada Tahun 2024 Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan Katolik yang unggul, berkompeten, berdaya saing dan mandiri  secara global di bidang pendidikan agama Katolik”.

 MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran agama Katolik yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pendidikan agama Katolik, beriman, berintegritas dan bermoral.
  2. Mengembangkan animo sivitas akademika dalam kegiatan penelitian ilmiah di bidang ilmu keagamaan Katolik dan lintas disiplin ilmu serta mempublikasikannya sehingga bermanfaat bagi kepentingan Gereja, pemerintah dan masyarakat.
  3. Melaksanakan karya pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat atas dasar Pancasila dan UUD 1945 dalam semangat Injil.
  4. Membangung jejaring kerjasama dengan instansi di dalam negeri maupun di luar negeri.
  5. Melaksanakan pembenahan sistem administrasi di tingkat insitusi Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang sesuai standar yang berlaku.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik di bidang pendidikan keagamaan Katolik yang memiliki kualitas pengetahuan, ketrampilan, dan sikap cendikiawan, beriman, bermoral, berintegritas serta bermoral Katolik.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian dalam bidang ilmu pendidikan agama Katolik dan lintas disiplin ilmu yang dapat dimanfaatkan Gereja, pemerintah dan masyarakat.
  3. Mendukung tugas pemerintah dan Gereja dalam rangka menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan beradab.
  4. Menghasilkan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan antara institusi dan instansi-instansi di dalam negeri maupun di luar negeri.
  5. Perbaikan sistem administrasi ditingkat institusi di tingkat Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang sesuai standar yang berlaku.

PENJELAS VISI STIPAS KAK

Rumusan Visi STIPAS KAK di atas mengandung 3 (tiga) kata kunci utama, yaitu unggul, berkompeten, berdaya saing dan mandiri secara global.  Pencapaian Visi STIPAS KAK ini sangat konsisten dengan visi Program Studi di lingkungan STIPAS KAK, yang dicerminkan pada kapasitas institusi yang terkemuka/unggul di bidangnya, pencapaian SDM dan IPTEKS yang berkualitas, serta Pendidikan keagamaan Katolik yang sesuai bidang keilmuan Program studi menggunakan variasi narasi kata,antara lain:

Pengembangan ilmu Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik, Teologi Katolik, dan Keteketik Pastoral. Pencapaian SDM dan IPTEK yang berkualitas sangat berkaitan dengan sifat terkemuka/ unggul dan berdaya saing (kompetitif). IPTEKS dalam pengelolaan  pembelajaran dan pelayanan Pastoral Gereja menjadi barometer institusi ini yang mampu meningkatkan harkat dan daya saingnya dalam peningkatan kualitas lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Penelitian terkait masalah sosial kebudayaan, Pendidikan dan pembelajaran serta teologi Katolik terkaitan fenomena perkembangan dan penurunan iman umat pun menjadi aspek penentu kekhasan istitusi dalam pengembangan Visi.

Kata kunci tersebut diuraikan secara operasional, sehingga rumusan Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi  Pencapaiannya yang ditetapkan akan selaras dengan visi STIPAS KAK.  Ketiga kata kunci di atas diuraikan dalam jabaran sebagai berikut :

  1. Unggul

Merupakan penyataan keunggulan mutu lulusan yang dihasilkan oleh STIPAS KAK. Kualitas yang baik dan terukur sesuai standar mutu pendidikan tinggi.  Keunggulan institusi tersebut meliputi kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, penilaian pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

  1. Berkompeten:

Merupakan pernyataan kemampuan mahasiswa dalam penerapan Tridharma. Kemampuan yang dimaksud adalah mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan soft skill yang didapat dalam perkuliahanserta praktek di lapangan dengan tetap mempertahankan identitas iman dan budaya. Misalnya: dalam bidang Penelitian tentang kaitan antara iman Katolik dan budaya lokal di NTT.

  1. Berdaya Saing:

Merupakan pernyataan kemampuan institusi untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya baik skala nasional, regional, maupun internasional di bidang pendidikan dan pengajaran, manajemen kelembagaan, kualitas SDM, produk riset, dan pengabdian kepada masyarakat serta kompetensi lulusan.

  1. Mandiri Secara Global:

Merupakan pernyataan kemampuan intitusi dalam memenejemen keuangan dan mengelola keuangan untuk pemenenuhan kebutuhan dalam institusi. Baik untuk kebutuhan Pendidikan, Peneliitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan menejemen yang baik tentunya harapan yang ingin dicapai yaitu institusi mampu bersaing di level global terkait dengan output di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.